Microsoft Word 2010

Image result for ms word 2010 logo

Microsoft Word 2010 adalah program pengolah kata, yang dirancang untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas. Dengan format dokumen alat terbaik, word membantu Kita mengatur dan menulis dokumen lebih efisien. Word juga mencakup alat yang kuat mengedit dan merevisi sehingga Kita dapat berkolaborasi dengan orang lain dengan mudah.

RIBBON

Memahami Ribbon adalah cara yang bagus untuk membantumemahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft 2010. Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnyadari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang mencakup berbagai fitur program yang sangat besar.

Tab Home 

Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.

1

 Tab Insert 

Tab ini memungkinkan Kita untuk memasukkan berbagai item ke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan footer.

2-tab-insert

Tab Page Layout 

Tab ini memiliki perintah-perintah untuk mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi,  menyisipkan kolom latar belakang halaman dan tema.

3-tab-page-layout

Tab Reference 

Tab ini memiliki perintah-perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas. Ini menyediakan Kita dengan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen.

4-tab-reference

Tab Mailings 

Tab ini memungkinkan Kita untuk membuat dokumen untuk membantu ketika mengirimkan surat seperti mencetak amplop ,label dan gabungan pengolahan surat.

5-tab-mailing-list

Tab Review 

Tab ini memungkinkan Kita untuk membuat perubahan ke dokumen kita karena masalah ejaan dan tata bahasa . Hal ini juga memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang-orang dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.

6-tab-review

Tab View 

Tab ini memungkinkan Kita untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.

7-tab-view

Memulai Microsoft Word 2010

Memulai Microsoft Word 2010

Sekarang mari kita lihat langkah yang diperlukan untuk membuat dokumen.

Anda mungkin memiliki cara pintas untuk Word pada desktop Anda, jika demikian klik dua kali ikon dan Word akan terbuka. Jika tidak ikuti langkah berikut:

  1. Klik pada tombol Start
  2. Sorot All Programs
  3. Sorot Microsoft Office
  4. Klik pada Microsoft Word 2010

8-klik-ms-word-2010

 Membuat Dokumen Baru

  1.  Klik tab File kemudian klik New.
  2.  Dalam Template Tersedia, klik Blank     Document.
  3.  Klik Create.

 Menggunakan Template

Word 2010 memungkinkan Anda untuk menerapkan built-intemplate dari berbagai pilihan template Word populer, termasuk resume, agenda, kartu bisnis, dan faks. Untuk menemukan dan menerapkan template di Word, lakukan hal berikut:

  1.  Pada Tab File, Klik New
  2.  Berdasarkan Template yang tersedia , lakukan salah satu berikut ini:
  • Untuk menggunakan salah satu dari built-in template, klik Template Contoh, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create
  • Untuk menggunakan kembali template yang Anda baru saja digunakan, klik Template terakhir, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create.
  • Untuk mencari template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik kategori template yang Anda inginkan, kliktemplate yang Anda inginkan, dan klik Download untuk mendownload template dari Office.com ke komputer Anda.
  1.  Setelah Anda memilih template, Anda dapat memodifikasi dengan cara apapun untuk membuat dokumen yang Anda inginkan.

CATATAN: Anda juga dapat mencari template pada Office.comdari dalam Word. Dalam Office.com untuk kotak pencarian  template, ketik satu atau lebih istilah pencarian, dan kemudian klik tombol panah untuk pencarian.

Membuka dokumen

  1. Klik tab File, kemudian klik Open.
  2. Pada panel kiri dari kotak dialog Open, klik drive atau folder yang berisi dokumen.
  3. Di panel sebelah kanan dari kotak dialog Open, buka folder yang berisi dokumen yang Anda inginkan.
  4. Klik dokumen dan kemudian klik Open.

Cut, Copy and Paste

9-copy-paste

Jika Anda ingin menghapus teks dari dokumen Anda  Anda dapat menyalin atau memotong teks dari dokumen. Cukup sorot teks lalu ke tab Home di grup Clipboard dan klik Potong atau Salin. Anda juga dapat klik kanan pada mouse anda dan pilih Potong atau Salin

Paste Teks

Jika Anda Salin teks, Anda biasanya perlu Paste di suatu tempat. Fitur Tempel di Word 2010 jauh lebih rinci daripada di versi sebelumnya Word. Ketika Anda paste konten, Pilihan tombol Paste menyediakan pilihan yang berbeda, tergantung pada sumber konten.

Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli.

Keep Text Only: Pilihan ini menghapus semua format asli dari teks.

Link & Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli, danmempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.

Link & Use Destination Styles: Ini pilihan format teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan. Hal ini juga mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.

Merge Formatting: Pilihan ini merubah format sehingga cocok dengn teks yang mengelilinginya

Picture: Pilihan ini menyisipkan teks sebagai gambar.

Use Destination Styles: Pilihan ini memformat teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan

Use Destination Theme: Pilihan ini memformat teks untuk mencocokkan tema yang diterapkan pada dokumen mana teks yang disisipkan.

Untuk Paste, klik pada area yang Anda ingin informasi Anda untuk dimasukkan dan baik pergi ke tab Home di Clipboard kelompok dan klik Paste atau klik kanan pada mouse anda dan pilih Paste.

Undo

Quick Access Toolbar memegang berbagai perintah tepat pada ujung jari Anda. Hal ini terletak di bagian kiri atas dokumen di atas tab File dan Home.

  • Anda dapat menambahkan atau menghapus perintah dengan mengklik pada panah ke kanan dari Quick Access Toolbar

Jika Anda membuat kesalahan dalam dokumen Anda klik pada perintah Undo dan akan menghapus hal terakhir yang Anda lakukan.

Show/Hide Formatting Marks

Perintah Tampilkan / Sembunyikan memungkinkan Anda untuk melihat setiap kali anda menekan space bar, tekan enter atau tab. Fitur ini bisa sangat berguna ketika membuat dokumen untuk memahami di mana semuanya ditempatkan dalam dokumen Anda dan lihat jika ada kesalahan yang telah dibuat.

10-paragraph

Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Show/Hide

Formatting Text

Memformat dokumen dapat berkisar dari ukuran teks memodifikasi untuk grafis menambahkan. Sangat mudah untuk menambahkan sentuhan kreatif untuk dokumen dengan opsi Microsoft Word yang ditawarkan.

Modifying Fonts

Font Group memungkinkan Anda untuk mengubah teks gaya font, ukuran, warna dan elemen lainnya

11-fonts-group

  1. Sorot teks yang ingin memodifikasi.
  2. Klik pada panah drop-down gaya font dan ukuran font dan pilih perubahan yang Anda ingin membuat.
  3. Sementara teks akan disorot Anda juga dapat mengklik pada warna, tebal, miring atau garis bawah perintah untuk memodifikasi teks bahkan lebih.

Change Text Case

Anda dapat mengubah teks yang dipilih dalam dokumen dengan mengklik tombol tunggal yang disebut Change Case.

  1. Sorot teks yang Anda ingin ubah.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Change Case.

Pilih opsi dari daftar dropdown, yang mencakup Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, and tOGGLE cASE

12-change-teks

Menambahkan efek teks

  1. Pilih teks yang ingin Anda tambahkan efek.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Text Effect.
  3. Klik efek yang Anda inginkan

menambahkan-efek-teks

  • Untuk lebih banyak pilihan, arahkan ke Outline, Shadow, Refleksi, atau Glow, dan kemudian klik efek yang ingin Anda tambahkan.

Menghapus efek teks

  1. Pilih teks yang ingin Anda hapus efeknya.

Pada tab Home, dibagian Font group, klik Clear Formatting.

13-menghapus-efek-teks

Tinggalkan komentar